Merawat Indukan Lele Sangkuriang Lebih Optimal

Merawat Indukan Lele Sangkuriang lebih optimal dengan memberikan pakan alami atau pakan buatan dengan kandungan protein dan vitamin yang baik akan menghasilkan kualitas benih yang baik yang tahan terhadap penyakit dan cuaca.

Kesehatan indukan lele sangkuriang yang kurang baik sangat berpengaruh terhadap ketahanan benih lele sangkuriang. Penulis sudah mempraktekan bahwa dengan memberikan pakan dengan protein dan vitamin sangat berbeda pertumbuhan benih yang dihasilkan dari pada benih dari indukan yang kurang dirawat.

Perawatan indukan lele sangkuriang dapat dilakukan mulai dari awal setelah pemijahan. Indukan yang selesai dipijah dipisahkan pada tempat yang berbeda dan mulai diberikan dengan mencampur vitamin khusus indukan agar bekas luka dan stamina indukan kembali seperti semula selama 1 minggu. setelah itu dikombinasikan dengan pakan alami keong atau sejenisnya.

Pemberian pakan indukan lele sangkuriang dapat diberikan dua kali sehari pada pagi dan sore hari secukupnya (tidak perlu terlalu banyak). Dari yang penulis lakukan percobaan dengan treatmen diatas indukan bisa menghasilkan telur kembali dalam waktu satu bulan. Setelah 1 bulan, lakukan perawatan lebih intens dengan memperbanyak pakan alami dan pakan buatan yang biasa penulis campur dengan vitamin dan susu ibu hamil (yang murah saja) selama satu minggu dan indukan lele sangkuriang siap untuk dipijah lagi.

Related Posts

Recent Comment

Comments are closed.