DAFUFARM Segera Release Bibit Lele Hibrida Sangkuriang 2

Bibit lele kualitas unggulan akan selalu dicari oleh kalangan pembudidaya pembesaran lele untuk membuat produksi menjadi lebih menguntungkan. Setelah 2 tahun kami mengunakan serian indukan lele sangkuriang, dafufarm segera release Bibit Lele Hibrida Sangkuriang 2 dengan melakukan regenerasi indukan dari penelitian terbaru lele hibrida dengan nama Lele Sangkuriang 2 yang dirilis oleh Balai Besar Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi Jawa barat.

Bibit Lele Hibrida Sangkuriang 2 memakai Teknik Hibrida yang hasilkan Bibit lele yang lebih berkualitas dari indukannya.

Bibit lele hibrida Sangkuriang 2 merupakan bibit unggul lele yang dihasilkan melalui teknik hibridisasi antara populasi lele sangkuriang betina dengan populasi Afrika Thailand (AF1) Jantan. Hasilnya lele sangkuriang (SK) betina yang disilangkan dengan lele afrika populasi thailand jantan memiliki performa yang lebih unggul. Baik dibandingkan dengan kedua tetuanya maupun yang disilangkan dengan lele afrika populasi mesir.

Dengan keunggulan bibit lele hibrida Sangkuriang 2 lebih baik dari segi pertumbuhan, keseragaman ukuran dan konversi pakan dibandingkan tetuanya. Nilai heterosis yang diperoleh pada silangan tersebut pada karakter panjang bibit adalah 11,59%; bobot 35,20%; koefisien variasi panjang 9,95% bibit lele. Untuk panjang ikan pada pembesaran 7,05%; bobot ikan 13,82%; koefisien variasi pada bobot pembesaran 16,29% dan tingkat konversi pakan 22,02% . (sumber: BBPBAT Sukabumi)

Bagaimana Manfaatnya Terhadap Pembudidaya Lele Pembesaran ?

Dari sisi pembesaran, bibit lele hibrida Sangkuriang 2 menghasilkan kecepatan tumbuh yang baik sehingga kepastian usaha meningkat. Sedangkan dari lingkungan, nilai konversi pakan rendah pada ikan hibrida, buangan limbah sisa pakan dan limbah organik berkurang sehingga mengurangi dampak pencemaran lingkungan.

Karakteristik bibit lele hibrida Sangkuriang 2 sebagai bibit sebar disajikan sejak fase awal bibit. Dalam data yang dirilis BBPBAT Sukabumi, dari hasil persilangan antar ketiga populasi yang ada, tingkat penetasan telur hasil persilangan antara AF2 x SK menunjukan hasil lebih tinggi dengan variasi yang lebih rendah dibandingkan dengan persilangan lainnya ataupun galur murninya. Untuk tahap pendederan, silangan SK x AF1 menghasilkan bibit yang lebih baik dibandingkan dengan tetuanya mauoun dengan silangan lainnya, baik pada karakter pertumbuhan maupun keseragaman bibit lele. Setelah masuk fase pembesaran, hasilnya SK x AF1 menghasilkan lebih baik dibandingkan tetuanya maupun silangan lainnya pada semua karakter performa budidaya. (Sumber: Trobos & Bu Rohmayanthi dari BBPBAT Sukabumi)

DAFUFARM Segera Release Bibit Lele Hibrida Sangkuriang 2

Paket Calon Indukan Lele Sangkuriang (SK) Betina dan Calon Indukan Lele Afrika Thailand (AF1) Jantan akan didatangkan setelah lebaran dari BBPBAT Sukabumi dan akan dirawat selama 3 bulan sebelum dipijah atau dibudidayakan.

Dafufarm tetap selalu menjaga kualitas bibit lele sangkuriang dan selalui memperbaharui atau regenerasi indukan lele sangkuriang dan penelitian terbaru terkait dengan budidaya lele sangkuriang. Sukses dan keberhasilan para pembudidaya lele pembesaran adalah suksesnya para pembenih juga.

Bibit Lele Hibrida Sangkuriang 2 akan tersedia (available) pada Oktober 2017